Friday, 03 April, 2020

Wanita Asia Pertama, Pengawal Presiden Amerika


alta lauren gunawan, wanita asia Pertama, paspampres amerika,

Amerika, NPLOMBOK.id-Terpilih menjadi pasukan pengamanan (secret service) Presiden Amerika Serikat bukanlah hal yang mudah. Pekerjaan yang memiliki resiko tinggi ini umumnya digeluti oleh kaum laki-laki, karena tugasnya mengawal dan melindungi keselamatan presiden ketika bepergian atau menjalankan tugas lainnya. Namun berbeda dengan perempuan keturunan Indonesia ini, ia adalah Alta Lauren Gunawan. Sosok wanita pertama yang menjadi pasukan pengawal mobil dinas rahasia Amerika Serikat.

Menurut NBC, Alta Gunawan merupakan orang Asia-Amerika pertama yang bergabung dengan tim elit Amerika. Diusianya yang baru 30 tahun, ia bergabung dengan unit pasukan pengawal Presiden AS yang beranggotakan 14 orang. Penuturannya pada NBC Alta memiliki seorang Ayah 100 persen orang Indonesia dan ibunya berasal dari etnis campuran. “Saya bangga menjadi orang Amerika keturunan Asia”, ungkapnya kepada NBC.

Sebagai wanita Asia, Alta Lauren Gunawan menceritakan berbagai tantangan dan pengalamannya ketika bergabung sebagai Pasukan Pengawal Presiden, karena harus bersaing dengan kaum pria yang tentunya lebih pantas dengan profesi ini. Ia mengaku kesulitan, berpostur asia dengan tinggi badan 162 cm dan berat badan 68 kg harus menangani sepeda motor dengan berat hampir 0.5 ton.

Alta tidak bisa lulus pada tes pertama kali karena kesulitan menangani sepeda motor yang beratnya tujuh kali lipat. “Aku benar-benar bertarung dengan motor itu lebih daripada yang aku inginkan,” katanya. “tak hanya dibutuhkan tenaga tapi juga teknik yang tepat. Tetapi dia bertahan dan karena sikap positifnya, dia lulus ujian untuk yang kedua kalinya.

Alta Lauren Gunawan, sekarang menjadi orang yang berada di garis pertahanan pertama bagi presiden, wakil presiden, dan pejabat asing ketika berkunjung ke Amerika. Profesinya menuntut kewaspadaan tingkat tinggi dan mengamati bahaya yang mengancam.

“Ketika melakukan pengawalan, bukan sekedar berkendara biasa, tetapi dituntut untuk menguasai segala medan, mengawasi pejalan kaki, pengendara lain dan ancaman yang menghampiri kapan saja,” katanya.

Alta telah menjadi panutan bagi para wanita, ia bangga dengan pekerjaannya, alta berharap apa yang di raih saat ini menjadi inspirasi, bahwa untuk mencapai tujuan diperlukan dedikasi dan kerja keras.(htw)

0 comments on “Wanita Asia Pertama, Pengawal Presiden Amerika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *