Friday, 03 April, 2020

Ini Peluang dan Tips Sukses Lulus CPNS 2019


tips lulus cpns 2019, lombok timur seleksi cpns

NPLOMBOK.id-Bisa dikatakan mustahil, jika seorang pelamar yang mau mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berharap tidak lulus, Iya kan???. Intinya sih, buat apa Ikut Tes CPNS kalau enggak berharap Lulus?. Oleh sebab itu, NPLOMBOK.id ingin berbagi tips untuk urusan yang satu ini.

Sebelum ke tipsnya nih, kita harus sepakat, “adalah sebuah fakta bahwa menjadi Abdi Negera dan tercatat memiliki Nomor Induk Pegawai (NIP) itu adalah impian banyak orang dan merupakan pekerjaan Favorit yang diidamkan.”

Buktinya setiap ada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), minat pendaftar masih tinggi, meski peluang lolos tes CPNS bagaikan mencari satu jarum dalam tumpukan jerami.  Yang dicari puluhan, yang mendaftar ribuan. Yang lulus hanya yang dibutuhkan, yang tak lulus tentu sisanya, “lebih banyak.”

Nah, kami berharap semoga yang mengikuti tips ini bisa lulus Tes CPNS atau bisa menjadi bagian dari puluhan orang diantara ribuan yang mendaftar dan impian menjadi Abdi Negara bisa menjadi kenyataan.

Ini dia Tipsnya, yang NPLombok.id kupas dari berbagai riset dan sumber:

1.Niat dan Do’a jadi PNS

Kita harus sepakat bahwa sehalus apapun gerakan mahluk yang bernyawa di dunia sampai ia tutup usia adalah kehendak yang maha kuasa. Kita juga harus percaya dengan rukun Iman yang ke 6 yaitu percaya kepada Qodha dan Qadar serta segala indikator terkait rukun Iman tersebut.

Jika sudah sepakat dan menanamnya dalam karakter, maka Bismillah berangkatlah ikuti Tes CPNS. Jika lulus, Alhamdulillah, jika tidak lulus percayalah bahwa Allah pasti memberikan yang terbaik.

2. Persiapan Pra Jadwal Pendaftaran CPNS

Jika keinginan Anda sangat tinggi menjadi PNS, tentu harus mempersiapkan diri dengan matang. Pastikan semua persyaratan yang diminta terpenuhi, lengkap dan siap tempur saat jadwal pendaftaran tiba.

3. Memilih Instansi

Meski sama-sama melakukan seleksi penerimaan melalui tes CPNS, beda instansi, beda pula komposisi soalnya. Misalnya, menurut salah satu peserta tes CPNS, tes matematika untuk Badan Koordinasi Penanaman Modal lebih rumit dibanding tes matematika untuk Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, tes untuk beberapa instansi hanya dua tahap, tapi untuk Kementerian Luar Negeri bisa jadi empat tahap.

Karena itu, cari tahu tentang tes CPNS instansi yang Anda inginkan. Alangkah baiknya Anda memilih instansi yang sesuai dengan minat Anda atau selaras dengan jurusan saat kuliah agar peluang lulus tes CPNS lebih besar. Kesempatanmu diterima sebagai PNS juga lebih besar jika memilih posisi yang memiliki lowongan banyak.

4. Menjawab Soal Tes CPNS

Tes CPNS terdiri dari dua jenis, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).  TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).  Masing-masing memiliki passing grade alias nilai ambang batas yang harus dipenuhi untuk bisa lulus tes CPNS, yakni 80 untuk TIU, 65 untuk TWK, dan 126 untuk TKP (kategori umum).

Nilai ambang batas cpns 2019

Terkait uraian diatas NPLOMBOK.id punya tips mengerjakan masing-masing soal Tes CPNS tersebut, diantaranya kami kutip dari Pintaria.com.

a. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Fokuskan menjawab pertanyaan yang menurutkamu gampang terlebih dulu. Misalnya Anda lemah di kemampuan numeric berupa aljabar, Anda bisa mengerjakan soal deret dulu.

Soal jenis ini bisa kamu jawab dengan mudah jika teliti dan rajin berlatih mengerjakan soal. Atau, dahulukan mengerjakan soal kemampuan verbal berupa sinonim, antonim, dan analogi, kemampuan berpikir logis berupa silogisme, atau kemampuan berpikir analitis berupa soal spasial.

b. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terdiri dari soal Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan bangsa, sampai system tatanegara Indonesia. Mentang-mentang terkesan seperti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sarat muatan budi pekerti, jangan sepelekan tes ini dengan sekadar memilih jawaban paling bagus dan paling panjang dari daftar jawaban

Anda juga harus mempelajari semuanya dengan maksimal untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan benar.

c. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Untuk soal TKP, Anda baru boleh memilih jawaban yang paling bagus di antara yang lain. Selain itu, Anda juga harus jujur dalam menjawab soal, karena jawaban kamu bisa mencerminkan siapa dirimu. TKP juga bisa dipelajari lewat buku latihan soal tes CPNS karena biasanya soal yang keluar kurang lebih mirip.

d. Tes Kompetensi Bidang (TKB)

Untuk posisi di kementerian, jika Anda lulus TKD, maka akan dilanjutkan dengan tes kemampuan bidang (TKB) . Inilah pentingnya memilih posisi yang sesuai dengan minat atau sesuai jurusan kuliah. Sebab, soal-soal yang keluar akan berkaitan dengan posisi yang Anda impikan atau ambil saat itu.  Contoh soal, Anda memilih jabatan Analis Kebijakan Pertama, materi yang ditanyakan adalah seputar kebijakan publik.

Kalau Anda sudah belajar sesuai kompetensi sejak kuliah, kesempatanmu untuk lulus tes CPNS akan lebih besar karena Anda lebih mudah memahaminya.

5. Latihan Menjawab Soal tes CPNS

Babat habis latihan soal Tes CPNS dari berbagai sumber yang ada, isi waktu hanya dengan latihan, jangan anggap remeh karena persaingan sangat ketat. Latihan menjawab soal tes CPNS bisa Anda lakukan dengan membeli buku soal yang dilengkapi software simulasi Computer Assisted Test (CAT) atau lewat aplikasi CAT CPNS yang tersedia di Play Store.

Anda juga bisa mencoba simulasi tes CPNS online di beberapa website yang menyediakannya secara gratis seperti di  Pintaria sebagai salah satu sumber tips lulus CPNS ini.

6. Strategi Menjelang Tes CPNS

Strategi yang dianggap jitu menjelang tes CPNS diantaranya adalah dengan cara mempersiapkan diri dengan baik mulai H-1 hari tes. Siapkan kemeja putih polos (dan jilbab hitam polos jika menggunakan kerudung), bawahan hitam polos, dan sepatu pantofel hitam. Siapkan KTP dan dokumen lain yang dibutuhkan, sebelum menuju lokasi ikhtiar nasib.  

7. Jangan lupa survey lokasi tes

Survey Lokasi tes CPNS adalah hal yang penting dilakukan agar Anda tidak kesasar di hari tes yang menyebabkan kamu terlambat dan gugup saat mengerjakan tes.

Walaupun Anda tau lokasinya, tapi tempat duduk juga penting diketahui dengan pasti, sehingga pada saat mengerjakan tes CPNS Anda bisa tenang, nyaman dan sukses mengerjakan soal tes CPNS.

8. Jangan Lupa Sarapan di Hari H

Di hari H atau hari yang tentu saja mendebarkan jangan lupa sarapan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi mengerjakan soal. Pastikan Anda datang sebelum waktu tes yang sudah ditentukan.

Jangan sampai telat, karena akan membuatmu panik dan kekurangan waktu mengerjakan soal. Minimal satu jam sebelum dimulainya tes. Jika memungkinkan, sholat hajat di lokasi tes ya ton.  

Lalu Mulailah mengerjakan soal dengan berdoa. Semoga Anda lulus tes CPNS dan diterima diposisi yang Anda impikan ya,.. Semeton NurasPacu (NP) Lombok. (**)

0 comments on “Ini Peluang dan Tips Sukses Lulus CPNS 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *