Friday, 03 April, 2020

Hari Sumpah Pemuda: Wahai Pemuda, Dunia Menantimu


peringatan hari sumpah pemuda ke 91 di lombok timur

Lombok Timur, NPLOMBOK.id-Hari ini Senin 28 Oktober, merupakan hari bersejarah dalam perjalanan Bangsa Indonesia.  Tepat 91 tahun silam, atau pada tahun 1928, para pemuda mengikrarkan sebuah sumpah, yang kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda.  Sebuah sumpah yang mengikrarkan para pemuda kala itu untuk bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia, berbangsa yang satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Dalam perjalanan sejarah negeri untuk memerdekakan diri dari belenggu penjajah, sumpah itu kemudian terbukti mampu menjadi titik balik bersatunya para pemuda sekaligus seluruh komponen bangsa waktu itu.  Sumpah itulah yang membakar semangat perjuangan, yang kemudian dalam perjalanan waktu hingga akhirnya Indonesia terbentuk sebagai sebuah negara berdaulat, dijadikan pula salah satu penyemangat para pemuda dalam menjaga keutuhan NKRI dari sabang sampai marauke.  Maka tidak salah apabila hari diikrarkannya sumpah itu, selalu diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Di Lombok Timur, peringatan sumpah pemuda dipusatkan di halaman kantor Bupati Lombok Timur yang dihadiri oleh anggota Forkopimda, ASN, perwakilan Sekolah Menengah Atas dan Pramuka.  Sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi, dalam pidatonya membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali yang baru saja dilantik pada kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Foto Bersama Wakil Bupati Lombok Timur

Tema yang diangkat adalah Bersatu Kita Maju, dimana tema ini menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.  Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. “Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia.”  Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-91. (tw)

0 comments on “Hari Sumpah Pemuda: Wahai Pemuda, Dunia Menantimu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *