Tuesday, 07 April, 2020

Gempa Bumi 5.8 SR, Guncang Pakistan


peristiwa, gempa bumi, guncang pakistan

Pakistan, NPLOMBOK.id-Gempa dahsyat  berkekuatan 5,8 SR  melanda Pakistan timur laut pada Selasa(24/09), merusak banyak rumah, pertokoan dan beberapa fasilitas umum serta sebuah jalan raya menuju kota Mirpur di Kashmir yang diduduki Pakistan. Gempa ini menewaskan sedikitnya 22 orang dan melukai lebih dari 700 orang menurut pejabat pemerintah dan polisi setempat.

“Gempa itu sedalam 10 kilometer dan terasa di sebagian besar provinsi Punjab, beberapa bagian Khyber Pakhtunkhwa. Yang paling parah adalah Mirpur, Azad Kashmir,” kata kepala ahli meteorologi Pakistan, Muhammad Riaz kepada AFP, dikutip dari voanews.com (24/01).

Menurut Survei Geologi AS, gempa dangkal  magnitude 5,8 SR ini melanda 22,3 kilometer (13,8 mil) utara kota Jhelum di sepanjang perbatasan yang memisahkan jantung pertanian provinsi Punjab dan Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Dari beberapa rekaman CCTV menunjukkan saat gempa bumi mengguncang Pakistan utara, Selasa, 24 September, menghancurkan bangunan, menghancurkan jalan dan memaksa warga tidur ditempat-tempat terbuka karena khawatir akan adanya gempa susulan.

Posisi Pakistan yang merupakan pertemuan lempeng tektonik India dan Eurasia, membuat negara itu rentan terhadap gempa bumi.

Pada Oktober 2015, gempa berkekuatan 7,5 skala Richter di Pakistan dan Afghanistan menewaskan hampir 400 orang, meratakan bangunan di medan terjal yang menghambat upaya bantuan.

Negara itu juga dilanda gempa berkekuatan 7,6 pada 8 Oktober 2005, yang menewaskan lebih dari 73.000 orang dan menyebabkan sekitar 3,5 juta orang kehilangan tempat tinggal, terutama di Kashmir yang dikuasai Pakistan. (**)

0 comments on “Gempa Bumi 5.8 SR, Guncang Pakistan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *