Tuesday, 07 April, 2020

Suara Pemuda NTB Menggema di Istana, Profil Syamsuri Firdaus


Syamsuri Firdaus, qori internasional, qori asal ntb, maulid nabi di

Inspirasi, NPLOMBOK.id-Lantunan Suara Pemuda ini menggema di Istana. Namanya kini melambung tinggi, begitupun karirnya, juga do’a-do’a untuknya, asbab kecintaan orang-orang terhadapnya. Walau sebelumnya sulit dinalar, bahwa ia hanya tumbuh dari keringat seorang Ibu yang hanya menjadi kuli percetakan batu bata, dan  asbab peluh seorang Ayah yang hanya sebagai buruh tani.

Ialah Syamsuri Firdaus (20), pemuda asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) sang pemenang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional ke-7 di Turki. Sebuah acara bergengsi yang digelar di Mesjid Agung Camlica, Istanbul, pada 20 – 25 Mei 2019.

Setelah itu, nama Syamsuri Firdaus menjadi semakin harum semerbak, diasbabkan pula karena tangan sang Presiden Turki Y.M Recep Tayyip Erdogan, sempat mendarat halus dipipinya, membuat genangan air mata haru mengalir dari jiwa orang-orang yang mengenang perjuangannya dan dari mana Ia berasal, nan mampu menyisihkan puluhan qori lainnya dari 68 negara.

Dilansir dari berbagai media yang memberitakannya, Syamsuri Firdaus lahir di Bima, NTB pada 11 April 1999. Ia merupakan salah satu Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB).

Dari kiri: Syamsuri Firdaus

Sosok remaja 20 tahun ini masuk UI melalui jalur SBMPTN dan merupakan lulusan dari MAN 1 Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Dari berbagai sumber, Syamsuri diketahui tercatat tiga kali berturut-turut menjadi juara MTQ dari berbagai tingkat.

Syamsuri pernah menyabet Juara I MTQ Nasional di Ambon, pada 2012 dan di tahun yang sama, mendapat juara I Nasional Tilawah Anak pada gelaran MTQ 2012 tingkat Provinsi NTB. Tahun 2013, Syamsuri kembali menjadi juara I MTQ Internasional yang diselenggarakan di Singapura.

Prestasinya dari masa ke masa semakin banyak menghiasi berita-berita inspirasi, terlebih kini, baru-baru ini tepatnya pada Jum’at 8 November 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan atau Protokoler Sekretariat Presiden mengundangnya dalam acara Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Istana Negara.

Qori Internasional asal NTB ini membacakan Ayat Suci Al-Qur’an (QS.al-Ahzab) ayat 21 yang artinya Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

Syamsuri Firdaus juga membaca QS al-Mumtahanah ayat 7 yang artinya Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Selain itu, dari suara MC, Qori yang merupakan putra dari Abdullah ini juga melanjutkan membaca ayat suci QS al-Mumtahanah ayat 8 yang artinya Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (QS Al Mumtahanah;8).

Selamat Syamsuri Firdaus, NPLOMBOK.id ikut berdoa semoga generasi NTB semakin banyak mengikuti jejakmu. (MZ-04)

0 comments on “Suara Pemuda NTB Menggema di Istana, Profil Syamsuri Firdaus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *